Tampilkan postingan dengan label semangat enterpreneur. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label semangat enterpreneur. Tampilkan semua postingan

21 Agustus 2009

1 tahun lagi toko Cimart punya omzet sama dengan Mart yang lain


Toko Cimart sudah pindah dari tempat lama di jalan Tarum Barat Cikarang Baru ke Ruko di daerah segitiga emas-nya Cikarang Baru. Posisinya di pinggir jalan dan berhadapan langsung dengan toko-toko lain seperti Indomaret, Alfamart dan toko besar lainnya.
Sebuah langkah berani yang patut di support habis-habisan oleh member-nya.

Ada beberapa PR yang harus dikerjakan agar toko Cimart ini bisa bersaing dengan toko sekitar.
1. Memaksimalkan pembelian dari membernya. Selama ini pembelian dari member sangat sedikit, walaupun sudah diadakan beberapa program penjualan seperti Pekan Belanja dll.
Cara yang sudah dilakukan saat ini adalah One Man One Bag atau 1 orang beli 1 karung beras 50kg. Hukumnya wajib beli buat member, jika pemakaian sebulan tidak sampai 50 kg maka beras itu bisa dijual ke tempat lain.
Langkah ini adalah langkah yang bagus untuk meningkatkan penjualan hanya saja kita harus hati-hati dalam menerapkan harga jual jangan sampai dengan kualitas barang yang sama tetapi harga jualnya berbeda. Ini akan menurunkan citra dari Cimart dan juga citra dari penjualnya.

2. Member wajib beli sembako lainnya seperti gula, kopi, teh, minyak, dll. Saya yakin setiap rumah pasti membutuhkan ini semua.

3. Diberikan reward kepada member dengan pembelian terbanyak. Reward-nya ini bisa diberikan pada setiap akhir tahun/tutup buku/RUPS dan bentuknya bisa berupa voucher belanja lagi. Perhitungan reward-nya bisa disamakan dengan sistim komisi yaitu setiap ada pembelian maka member tersebut mendapat komisi mis 1-2% dari margin yang didapat.

4. Pemberian komisi kepada karyawan. Komisi ke karyawan ini menggunakan sistim margin juga dan besarnya bisa 1-2% dari margin. Hitung-hitungan gampangnya, kita keluarkan maksimal 5% untuk komisi buat member dan juga buat karyawan.
5. Layout dan penerangan toko dibuat menarik. Seperti ide pada waktu pindahan bahwa ada beberapa kardus yang diletakkan di depan toko. Hal ini akan menarik minat orang untuk belanja karena mereka melihat bahwa di Cimart ini ada banyak barangnya.
Penerangan toko dibuat yang terang banget. Untuk gampanganya di contek aja Indomaret yang ada di sebelah, penerangan berapa lampu, tata letak barangnya bagaimana pengaturannya, alur belanja orang bagaimana..? Untuk tahap ini kita gunakan cara ATM - Amati Tiru Modifikasi.

6. Penggunaan cash register untuk pembayaran. Konsumen akan merasa aman jika dapat struk dari hasil mereka belanja apalagi struknya dari komputer, konsumen tidak akan merasa dibohongi. Cash register ini juga digunakan untuk pendataan barang kita.

7. Jangan lupa dikeluarkan zakat/sedekah/infak min 10% setiap bulannya untuk mereka yang membutuhkan. Dahulukan dulu untuk menyenangkan orang lain maka orang lain akan menyenangkan kita dengan cara yang tidak kita duga-duga

Mari sama-sama kita majukan perekonomian masyarakat dengan membeli produk sendiri di toko sendiri. Kalau bukan kita yang memajukan terlebih dulu lalu siapa lagi..?? Kalau kita tidak belanja di toko kita sendiri maka jangan harap orang lain akan belanja juga di toko kita.
Berikan contoh dulu dengan cara belanja di toko sendiri dulu, berikan kritikan kepada member yang lain layaknya kita adalah konsumen dan bersama-sama kita lakukan perubahan.
Saya yakin... berdasarkan pengalaman usaha saya, toko ini dalam waktu 1 tahun sudah bisa mendekati standard Mart yang lain malahan bisa melebihi omzet harian mereka.

Salam sukses dunia akherat,

03 Agustus 2009

Bukan cuma Changcutter aja yang gila-gilaan, TDA Bekasi juga bisa gila "2"

Tanggal 2-agustus acara mulai dan yang pertama kali datang saya lihat juragan mie pak syamsu. Saya gak tahu motivasinya apa datang pagi, apa pengin makan kupat tahu bandung gratis dari ato sunarto atau minta sarapan panitia….????
Satu-satu peserta datang, lihat-lihat barang sponsor kawan-kawan TDA, gak ada yang aneh sebab kalau masih pagi semua masih waras.

Acara dibuka oleh pak sonni sofjan, gak usah dijelasin temanya sebab pak sonni sangat terkenal dan saya sendiri gak tau temanya Cuma yang sangat inget dari begitu banyak uraiannya adalah kalau pengin pensiun dini dan kaya itu ada caranya, nih begini caranya. Sistematis, enak diikutin dan patut di contoh buat yang mau pensiun. Sayang mas saya sudah pensiun…

Acara kedua pak Valentino Dinsi, sama juga saya juga gak tau materinya, yang saya tahu itu jangan mau terus-terusan jadi karyawan. Pak Valentino ngasih beberapa contoh orang-orang terkenal yang bisa menginspirasi semua orang di situ bahkan Jim Carrey juga dibawa-bawa. Banyak yang ikutan acara ini yang masih karyawan jadi saya yakin cara ini bisa dipakai. Ikutin seminarnya ditanggung habis itu bisa jadi pengusaha.

Disela-sela acara ini ada penghargaan kepada member TDA Bekasi yang sudah berani pensiun dari kodok “sebutan ampibi” ke pull TDA dan pemberian BIG Winning kepada mereka yang sudah mendapatkan mimpinya dan bisa menginspirasi banyak orang. Saya banyak kenal dengan mereka dan saya juga ikut terinspirasi dengan apa yang mereka lakukan
fotonya kecil, apa karena bisnisnya masih kecil ya....??? gak juga, ada yang sudah ekspor ke malaysia

Acara ketiga oleh pak Badroni yuzirman, sekali lagi saya juga gak ngikutin materinya Tapi inti pembicaraan pak roni adalah mengajak kepada mereka yang punya mimpi untuk lebih memperjelas mimpinya sampai-sampai biar jelas mimpinya…. Pak roni harus manggil 2 orang untuk ditanya apa mimpinya dan disuruh memperjelas di acara ini. Pak Roni dan pak Hartanto yang memberikan sambutan dan materi acara ini sangat-sangat inspiratif dan mempermudah buat mereka yang ingin berusaha. Minimal buat saya pribadi saya lebih paham apa yang harus saya lakukan dan semoga kawan-kawan yang lain juga merasakan hal yang sama.
Acara ketiga adalah acara hiburan oleh pak Purdi E Chandra. E ditengah artinya Enterpreneur. Saya gak tahu yang ngasih nama E ini orang tuanya, neneknya, tetangganya, paklik-nya, bulik-nya, atau …….?????
Pak Purdi ngomong apa saya juga semakin gak tahu apa yang diomongin. Ngalor-ngidul, lompat-lompat, gak terarah dan gak jelas, tapi yang pasti apa yang diomongin, apa yang dilakukan pak Purdi itu semua membuat perasaan saya kok jadi gak enak, campur aduk, saya pengin cepet-cepet pergi dari kursi untuk segera action tapi selalu ketahan untuk dengerin sampai habis ceritanya.
Yang tanya aneh-aneh dan jawabnya juga aneh.
Sangat-sangat membakar dan saya juga gak tahu apa yang dibakar. Pak Purdi juga ngrusak acara….. perhatian buat yang ngundang pak Purdi, lebih baik kalau pak Purdi datang kursinya jangan dijejer, berantakin aja sebab nanti pasti di sutuh berantakin. Menarik dan bikin otak orang jadi kacau termasuk saya.

Apa yang dibilang pak Purdi lebih baik jangan diikuti…. BAHAYA. Kita bisa banyak hutang, masak orang sudah banyak hutang masih disuruh punya hutang. Tapi karena saya suka bahaya dan penjelasannya masuk akal maka saran ini saya ikutin dan saya jadi malu karena hutang saya masih sedikit. Saya pengin cepet-cepet pergi ke Bank buat nambah hutang tapi sayang hari minggu bank-nya tutup.
hancur posisi kursi

Kalau punya anak ranking jangan bangga dulu sebab anak ranking itu biasanya jadi anak buahnya mereka yang gak sekolah. Pak purdi kuatir sewaktu ranking anaknya naik dan cepet-cepet dibeliin notebook biar bisa main games, internetan, dan facebook-an dan akibatnya ranking anaknya merosot jadi no 13 yang sebelumnya nomer 4. Kalau mau ngikutin cara orang gila ini juga gak apa-apa, gak ada yang ngelarang.

Yang membuat kita surprize itu yaitu peserta mendekati 300 orang pada waktu hari H, yang daftar di tempat ada 50 orang lebih, dan gilanya lagi snack dan makan siang kehabisan karena kita ngitungnya gak segitu. Kawan kita teh Leni harus kerja keras nyiapin konsumsi dan ditambah lagi pada hari H paman dari teh Leni ini meninggal dunia. Sungguh kerja yang sangat-sangat keras dan sangat-sangat cerdas karena semua kebutuhan konsumsi panitia dan peserta bisa terpenuhi walaupun gelas dan toples kaca hampir ketinggalan. Teh leni ini ketularan siapa ya…..????

Yang membuat surprise lagi yaitu ada peserta yang langsung protes ke panitia lewat MC bahwa di belakang itu berisik banget jadi peserta nggak bisa konsentrasi dan yang bikin berisik itu adalah PANITIA. Hebat….. yang protes edan, yang diprotes edan dan yang bacain juga ikutan edan. Protes langsung di respon walaupun cuma sebentar habis itu ya...., balik lagi ke LAP…TOP
Panitia edan, yang punya gedung edan, yang kawin mendadak edan, pembicara edan, peserta edan dan ilmu-nya juga edan semua.

Tamat dan sampai jumpa 2 bulan mendatang.......

Salam sukses dunia akherat,

Bukan cuma Changcutter aja yang gila-gilaan, TDA Bekasi juga bisa gila "1"

Acaranya gila, panitianya gila, pembicaranya gila yang datang juga ikutan gila …. Kenapa mau ikutan acara yang murah meriah ini…. Pertama kali di undangan disepakati bahwa tiket harganya 100.000 untuk 100 orang pertama dan nantinya setelah itu naik jadi 125.000 tapi ternyata di undangan yang tercetak tiket 100.000 tanpa ada kata-kata tambahan…. Maklum yang nyetak edan.

Peserta banyak yang complain minta di pertanggung jawaban yang 25.000 tapi no problemo semua akhirnya beres dengan dibalikinnya semua uang peserta… maklum panitia edan


Waktu persiapan sebelumnya di sepakati acaranya tanggal 1-agustus-2009 hari sabtu tapi kenyataannya……???? karena yang di undang orangnya edan jadinya waktu mendekati hari H pak Purdi di telp gak nyambung-nyambung oleh kawan saya ato sunarto. Di sms udah, di telpon udah, lewat sekretaris udah, lewat sopir juga udah yang belum lewat dukun aja. Maklum ngundang orang edan jadi caranya juga harus ikutan edan. Saya gak tahu gimana caranya pokoknya mendekati hari H baru nyambung dengan pak purdi dan sepakat acaranya tanggal 2-agustus-2009 dengan judul Cara Gila Jadi Pengusaha.

Karena acara TDA maka yang di undang harus orang TDA dan harus ada juga orang dari luar TDA, maka muncullah nama pak Roni, Pak Sonny dan pak Valentino, Terima kasih atas kesediaannya untuk hadir.


Hari H kurang 3 minggu tapi dasar emang panitia gak bener semua otaknya jadi semuanya sepakat pakai segala macam cara biar acara bisa sukses.


Ada beberapa macam cara promosi, bikin spanduk besar lalu dipasang di jalan raya yang ramai sekali dekat pintu tol di Bekasi Barat tapi masangnya di taruh dekat galian perbaikan jalan, jadi selama seminggu Tramtib gak berani ngambil, takut lubang kali ya….. lubangnya gede banget. Yang masang ini juga orang yang nyetak poster undangan namanya Muhammad Rum….


Status pisbuk juga diganti oleh beberapa panitia dengan gambar poster.

Gencar promosi di milis dan offline lewat acara-acara EU dan pertemuan pis to pis dengan kawan-kawan TDA.

Talk show di Radio Gaya 93.6FM dengan gratis malahan TDA Bekasi dapat juga jatah talk show selama beberapa bulan di Radio Gaya 93.6 FM, I Lop Yu Pullll Radio Gaya


Poster saya pasang di kaca belakang mobil dan gara-gara poster ini maka setiap saya berhenti pasti orang pada nanya…. “apaan nih mas, MLM ya..?” Kalau mereka udah tanya begitu pasti minimal 20 menit habis saya cerita apa itu TDA, apa itu EU, cerita soal seminar dan macem-macem. Masak beli teh botol aja 20 menit.

Hari H-1 sepakat kumpul jam 4 sore di TKP dan ternyata lokasi masih di pake kawinan mendadak di luar jadwal…. Aneh kawin kok mendadak, pasti ini kalau bukan orang EU atau orang TDA yang kawin, suka aneh-aneh.

Ya udah daripada kelamaan nunggu akhirnya kami ber-lima “ato, didin, irfan, rawi dan andri” karaoke-an dulu di NAV karaoke. Suara pales gak masalah yang penting I Lop Yu Pullllllll…….huahahahahahahaha


Jam 10 malem semua barang masuk, spanduk besar dipasang sebagai backdrop dan lagi-lagi kerjaan orang gila Muhammad rum bikin spanduk terlalu lebar, sponsor dibawah gak kelihatan. Akhirnya diambil langkah masangnya dimajuin biar bisa kepasang dan cara masangnya pakai meja dan atasnya pakai tangga.

Tapi kok ya ada yang mau-maunya naik ke atas…. namanya pak irwan sebagai pasukan berani nekat untuk naik keatas, kalau gak salah denger sudah punya 3 Indomaret.

Itu baru spanduk didalam, spanduk di luar juga ketuker masangnya. Ucapan selamat datang harusnya di luar ini malah masang di dalam. Maklum yang masang otaknya juga ketuker-tuker.


Masukin brosur di Goodie bag juga butuh kerja ekstra. Goddie bag ada 300, harus segera di masukin brosur bolpen blocnote, dll. Yang jadi pertanyaan…. Siapa yang harus masukin…???

Take Action Miracle Happen, No Action No isi goodie bag-e,

Arys usul pakai system seperti jualan nasi padang, tas di jejer kayak tentara, satu orang pegang 1 brosur dan satu-satu dimasukin kedalam.

Masukinnya gak masalah tapi yang jadi masalah itu punggung, karena banyakan bungkuk jadi encok, kemringet. Udah gitu gak ada minum lagi… adanya gorengan yang dibawa sama adhika, lha iki lak marankno kesereten, gak cocok blas…..

Jam 12 belum selesai tapi tetep aja ditinggal pulang, maklum orang gila semua, pokoknya apa kata besok aja yang penting sekarang tidur.


to be continue....


Salam sukses dunia akherat,


Galih Octav Pradana namanya

Galih itu nama anak pertamaku dan satu-satunya. Umurnya baru mau 8 tahun pada bulan Oktober tahun ini makanya namanya Galih Octav Pradana artinya Galih itu karena mamanya dari Ciamis, Octav terinspirasi tinggi nada pada lagu dan pradana itu adalah yang pertama dan juga terinspirasi dari film yang dibintangi Joshua waktu itu dimana namanya adalah Pradana.

Anak ini kemana-mana selalu ikut apalagi sekarang setelah saya buka usaha sendiri di rumah dan juga banyak ngadain kegiatan. Misal kegiatan TDA Bekasi di rumah makan Sami Kuring yang berjudul Membeli Property tanpa Modal, Galih ikutan dari pagi sampai sore padahal dalam acara ini saya jadi panitia yang harus sibuk ngurusin acara biar acara bisa sukses.
anak kecil pakai kaos hitam itu Galih

Acara Kolaborasi TDA dengan EU di acara Cara Gampang Jadi Pengusaha yang salah satunya dibawakan oleh pak Rony dari TDA dan pak Purdi Chandara dari EU. Galih dari jam 7 pagi sudah berangkat ke lokasi dan pulang ke rumah maghrib. Semuanya di ikuti. Saya naik panggung dia juga ikutan naik, pak purdi bawain acara, anak saya malah duduk di panggung. Hampir gak pernah ngeluh cuma waktu jam 4 aja bilang ngantuk dan akhirnya tidur di kursi.
Saya ajak ke IMS 2009 "Indonesia Motor Show" di Kemayoran. Anak saya kalau lihat mobil langsung aja naik ke dalam, lari-larian ke sana-kemari, semua mobil di coba satu-satu. Di panggung terbuka ada Changcutters manggung, Galih ngajak kesana dan langsung ngajak ke tengah ke deket anak-anak ABG dan langsung joget-joget apalagi waktu nyanyiin lagu gila-gilaan.... Galih jogetnya tambah kenceng, sayang ketangkep di kamera bagusnya kurang.

Sekali-kali saya ajak bolos sekolah. Setiap pulang lebaran pasti nggak pernah masuk di hari 1 karena selalu saya ajak jalan-jalan dulu dan pulangnya nunggu jalanan agak sepi biar enak. Saya ajak juga ke tempat-tempat saya belanja barang, ketemu sama orang-orang, di rapat TDA juga sering saya ajak.
Terakhir ranking sempet turun tetapi alhamdullilah saya dapat suntikan ilmu dari orang gila yang namanya Purdi E Chandra yang cerita sewaktu anaknya rankingnya naik, pak Purdi langsung beliin notebook lalu disuruh internetan, main games, facebook-an dan akhirnya rankingnya turun. Katanya kalau jadi mau pengusaha itu berani dulu dan biasanya keberanian itu ada pada mereka yang rankingnya dibawah atau yang putus sekolah atau yang gak mau sekolah....?????

Setiap jum'at saya tunda semua kegiatan keluar dan saya sempatkan khusus untuk jum'atan bareng Galih biar dari kecil sudah biasa sholat.
Tetapi biarpun begitu Galih termasuk anak yang sensitif. Kami di keluarga nggak pernah mukul tapi kalau kita ngomong keras sedikit.... muka sudah mulai mendung dan langsung nangis. Ananknya sangat penurut tetapi kalau sudah guyon sama kita itu bisa gak karu-karuan. Badan saya di smack down, ditindih, di injek-injek tapi buatku itu asyik karena dapat refleksi gratis sebab habis itu langsung ngantuk...

Semoga Galih bisa menjadi anak yang berbakti kepada Tuhan Yang Maha Esa, kepada orang tua dan bisa bermanfaat buat orang banyak.
Salam sukses dunia akherat,

28 Juli 2009

Habis rapat di teh Leni berat nambah 2 kg

Tanggal 28-Juli-2009 diadakan rapat terakhir panitia seminar Kolaborasi TDA dan EU di rumah teh Leni. Seperti biasa kalau diadakan pertemuan disini pasti yang namanya makanan itu berlimpah dan bikin kenyang.... belum makan aja udah kenyang saking banyaknya.

Kalau dihitung ada 2 macam kue, 1 makanan pembuka yang pakai susu yang biarpun sudah dibagi-bagi masih aja banyak, makanan tengah-tengah karena makannya di tengah yangbikin kenyang juga, makanan kita "ayam goreng + nasi anget + sambel... sayang nggak ada krupuk-nya, besuk2 bisa ditambahin krupuknya ya...", snack, air putih, air zam-zam. Coba bayangin gimana makannya....???? tapi tetep................. santap abissssssssss

Rapat membahas persiapan terakhir dari masing-masing panitia dan alhamdullilah soal anggaran sudah bisa tercover semua tetapi hal ini masih juga kurang karena partisipasi dari member TDA sendiri juga kurang untuk mengisi stand.

Ada beberapa pertimbangan yang menjadi masuk akal jika memang harus dimasukkan akal tetapi seharusnya sebagai warga TDA yang berprinsip Enterpreneur harusnya bisa menangkap semua peluang yang ada walaupun kecil.
Sebagai contoh, untuk buka stand sendiri biayanya 500.000 pasti akan kelihatan besar buat pemula tetapi jika ini ditanggung rame-rame maka nilainya akan kecil tetapi hasilnya menjadi sangat besar.

Saya mau cerita apa yang saya lakukan di TDA tanpa bermaksud untuk pamer sebab saya cuma ingin berbagi aja siapa tahu bisa bermanfaat buat yang lain.

Semenjak TDA Bekasi lahir kembali saya sudah ikut terlibat dan diawal-awal keikutsertaan saya sempat juga mengalami beberapa perubahan karena banyak sekali urusannya.
Ngurusi usaha sendiri aja udah makan waktu apalagi ditambah ngurusi TDA... itu kalau cuma tenaga masih mending tetapi kalau sudah bicara duit, pasti sedikit banyak ada dana yang keluar untuk kegiatan. Sampai saat ini sudah beberapa acara yang diadakan dan saya ikut terlibat.

Apa hasilnya buat kemajuan usaha.....?? Semenjak di TDA saya bisa bertemu dengan kawan-kawan Cikarang lalu mendirikan Supermarket Cimart, punya group band di Jaguar Music yang pemiliknya juga ketularan masuk TDA, masuk komunitas Blogger Cikarang dengan sering ikut beberapa kegiatan blogger yang salah satunya besok hari sabtu tanggal 1-Agustus di hotel Sultan, beberapa kegiatan tanpa bentuk lainnya yang aneh-aneh yang dulunya gak pernah terpikir seperti talk show di radio dan acara off air lainnya. Dan yang terpenting lagi adalah di TDA saya bisa banyak berkreasi dengan membantu menyelesaikan permasalahan orang lain yang ujung-ujungnya bisa meningkatkan pendapatan usaha yang kalau dipikir saya sendiri juga nggak tahu darimana datangnya rejeki ini.
Jadi tidak ada ruginya kalau kita berpartisipasi secara aktif di semua kegiatan TDA Bekasi maupun pusat.

Salam sukses dunia akherat,

27 Juli 2009

Ganti HUMMER segampang ganti accord 85 ke panther 97

Mobil pertamaku setelah aku bisa bangkit lagi dari keterpurukan usaha adalah Honda Accord 85. Mobil ini bisa aku dapatkan dalam waktu 6 bulan setelah kebangkrutan dengan harga Rp. 17.000.000,-. Kata orang-orang harga segitu sedikit mahal tapi buatku gak masalah karena waktu itu aku lagi butuh transportasi buat ngangkut barang dan juga mobil yang tidak malu-maluin kalau dibawa ngantar tamu dan akhirnya pilihanku jatuh ke Honda Accord 85.

Sekarang ini mobilku sudah ganti jadi Panther Grand Royal 97. Kondisi masih bagus dan hanya perlu beberapa perbaikan kecil karena memang sudah aus dan juga ini mobil second. Mobil ini aku dapatkan tepat 15 bulan setelah kebangkrutanku dengan menjual Honda Accord 85 sebagai uang muka. Untuk cicilan gak masalah, masih bisa tercover dari usaha karena beberapa hutang sudah mulai hilang.
Untuk kedepannya cita-citaku adalah mobil HUMMER. Mobil ini sering aku lihat dan mainin di game PS. Mobil ini sangat kuat dan kencang banget, harganya di PS $112.500 dan termasuk mobil Luxury. Memang bagus mobil ini dan ini salah satu mobil impianku. Pengin banget bisa naik mobil ini dan punya satu.

Untuk mewujudkan mimpi ini buatku tidaklah sulit cuma perlu kerja lebih cerdas lagi karena untuk ganti honda accord 85 ke Panther 97 aja aku bisa maka untuk ganti ke HUMMER pasti juga bisa.
Caranya gimana..... aku tinggal melipatkan gandakan omzet dan margin yang sesuai dengan kelas mobil HUMMER. Produk jualan kalau masih di angka jutaan masih kecil jadi jualannya harus yang milyaran.
Jualan apa itu...??? Saat ini yang terpikir buatku adalah property dan emas. Untuk property aku sudah mulai dan untuk emas baru aku mulai tahun depan, jadi tidak ada kata tidak mungkin untuk bisa memiliki HUMMER.
Kadang-kadang muncul juga rasa malu kepada ustad Lihan, seorang ustad dari Kalimantan yang sederhana tetapi sangat kaya raya dan pernah memberikan sedekah sebesar 6 milyar...... 3x lipat dari harga HUMMER. Saya belum pernah dengar pak ustad Lihan punya HUMMER malah beliau banyak memberikan bantuan ke mereka yang membutuhkan.

Yaahhhhh..... saya juga nggak tahu bagaimana berikutnya tetapi yang penting saat ini mimpiku harus mempunyai uang sebanyak harga HUMMER dan mengenai nanti jadi beli HUMMER atau tidak itu urusan belakangan.

Salam sukses dunia akherat,

18 Juli 2009

Gurame gurih, sirip dan ekor seperti krupuk di Akuarium Resto

Pendekar gurame goreng itu mottonya, Akuarium Resto itu nama restorannya.
Sesuai namanya aku sekeluarga pesen gurame goreng, nasi bakul untuk 4 porsi tempe sambel goreng, lalapan, teh tawar hangat "ehh dikasih teh manis hangat, lumayan..." dan teh botol.
Semua pesanan gak sampai 15 menit sudah ada di depan mata.

Kami cuma bertiga. Kami sekeluarga seneng sekali makan gurame karena tiap kali pulang ke ciamis selalu di masakin gurame hasil dari kolam.
Gurame di Akuarium Resto enak dan bumbunya masuk sampai ke dalam daging dan yang bikin enak lagi yaitu sirip dan ekornya bisa dimakan seperti krupuk.... kriuk kriuk gurih renyah.
Yang bikin kami surprize waktu lihat daftar harganya, untuk gurame besar ukuran untuk 4 orang harganya cuma Rp. 47.500. Ada 3 ukuran kecil sedang dan besar.
Saya pernah makan di bogor ikan gurame ukurannya lebih kecil dari ini harganya 70.000 dan sewaktu makan saya belum puas bener makan guramenya tapi kalau di sini saya bener-bener sampe puas. Nasinya banyak banget dan enak.

Lokasinya sangat romantis, ada lilin di taman dan kalau gak mau kena angin bisa milih di ruangan terbuka. Ada tempat mainan anak-anak, ada live musik dan yang kelihatan lagi ada ciri khasnya yaitu ada motor-ku dipajang di depan..... Harley Davidson "gak lama lagi juga punya seperti itu....."
Selain itu di setiap sudut ada banyak akuarium yang isinya ikan hias macem-macem dan ada juga kolam ikan, gede-gede ikannya.
Tempat ini bisa dijadikan referensi untuk makan sama keluarga, meeting dan lain-lain. Baru saja juga sudah terpasang WIFI jadi bisa internetan sambil makan.

Tempatnya semua ditata dengan rapi dan ber-tema cuma sayang sekali ada beberapa yang kelewat. Di setiap sudut ada kata-kata motivasi yang bisa membakar semangat tetapi cara penataannya sangat sederhana sekali. Kalah dengan situasi yang ada.
Kata-katanya cuma di print, di laminating kemudian di tempel di tembok. Kelihatan kurang pas. Semestinya kata-kata itu di bingkai yang manis dengan frame disesuaikan dengan ruangan sekitarnya. Di situ kelihatan foto beberapa artis yang pernah makan dan foto itu di bingkai dengan manis, sederhana murah tapi masuk ke situasinya.
Salam sukses dunia akherat,

15 Juli 2009

Pertama di Indonesia... pengusaha sejuta umat dari 2 aliran berkumpul di Bekasi

Tanggal 15-Juli-2009 di jalan tol Cikampek km 19 di rumah makan Solaria jadi saksi penting untuk acara TDA Bekasi yang satu-satunya dan belum pernah ada di Indonesia.
Acara ini akan mempertemukan 2 komunitas pengusaha besar di Indonesia yaitu EU "Enterpreneur University" dan TDA "Tangan Di Atas" dalam satu panggung yaitu Forum TDA Bekasi.

EU yang bertypekan orang-orang yang langsung action atau bisa juga disebut mereka itu "kasar" dalam berbisnis akan bertemu dengan orang TDA yang bertype "halus" dalam bisnis.
Mereka akan bertemu dalam satu panggung....... DAHSYAT

Dibawah ini nama-nama pembicaranya
1. Purdi E Chandra
Orang gila dari Enterpreneur University yang akan membakar semangat kita-kita untuk berani berusaha dengan langsung action tanpa perlu mikir
2. Rony Yuzirman
Pendiri Komunitas Tangan Diatas yang sangat inspiratif. Ilmu-ilmunya dari blog, diskusi langsung, dan pertemuan-pertemuan offline sangat menginspirasi lawan pembicara untuk melakukan action
3. Sonny Sofjan
Slogannya "Cara aman pensiun dini pensiun kaya". Kita akan dibawa ke alam enterpreneur dengan gampang dan sangat aplikatif gampang ditiru.
4. Valentino Dinsi
Mantan eksekutif muda dari sebuah perusahaan ternama yang terkenal dengan slogan "Jangan mau seumur hidup jadi orang gajian" akan menularkan ilmunya kepada kita tentang enterpreneur
Ber-sinerginya EU dan TDA dalam satu panggung ini baru pertama kali di Indonesia dan jadikan diri anda sebagai saksi sejarah pertemuan ini.

EU atau Enterpreneur University adalah sekolah enterpreneur yang mengajarkan siswanya untuk langsung ACTION, ACTION ACTION ACTION ACTION ACTION ACTION ACTION ACTION ACTION ACTION ACTION........ pokoke ACTION teruuuuuuuuuuuuuusssss

TDA atau Tangan Di Atas bermula dari sebuah blog founder Bp. Badroni Yuzirman yang menginspirasi pembacanya untuk melakukan action. Dari cerita-cerita di blog yang di share pak Roni "panggilan akrab" akhirnya terbentuklah TDA.

Semua mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ilmu kasar dari EU akan digabung dengan ilmu halus dari TDA akan menghasilkan sebuah jurus yang maut bagi yang mau ACTION.

Acara akan diadakan tanggal 2-Agustus-2009 di Bekasi Jawa Barat "sorry lokasinya lupa, menyusul...." dengan biaya yang sangat murah yaitu 100.000 untuk 100 orang pertama dan 125.000 untuk pendaftar berikutnya.
Ikuti terus laporannya lewat facebook http://www.facebook.com/rawi.wahyudiono atau situs TDA Bekasi http://www.tdabekasi.com atau facebook kawan-kawan TDA dan EU.
Ikuti update berita di milist TDA Bekasi dengan meng-click tdabekasi-subscribe@yahoogroups.com

Salam sukses dunia akherat,

Cikarang.. sebuah action, bisnis, hobi dan mimpi

Cikarang, Jababeka, EJIP dan sekitarnya itu bukan tempat yang asing bagi saya. Usaha saya yang bergerak dibidang jasa komputer banyak juga melayani pelanggan di sekitar Cikarang sebut saja misal Bank BRI unit Karang Asih, BRI unit Cikarang Selatan, BRI unit Pasir Gombong, BRI unit Kertasari, BRI unit Sertajaya, BRI KCP Cikarang, BRI Cabang Cikarang dan beberapa bank lainnya.
Selain perbankan ada juga beberapa perusahaan manufaktur yang saya tangani seperti SANYO Indonesia, dll. Kantor PLN kita juga pernah menangani bahkan untuk seluruh wilayah Bekasi dan Cikarang sudah pernah saya kerjakan.

Cikarang..... tempat nyari duit dan nyalurin hobi. Saya berani masuk Cikarang walaupun tempat saya ada di Bekasi karena memang kota ini sangat prospek sekali bahkan saat inipun saya sedang mencari partner yang bisa saya ajak kerjasama di bidang komputer untuk sama-sama nggarap pasar Cikarang dan sekitarnya.

Hobi.... ini lagi yang membuat saya senang dengan daerah Cikarang. Di Cikarang saya punya kawan yang bisnis di penjualan dan rental studio musik namanya Jaguar Musik disingkat JM. Setiap 1 minggu sekali saya harus latihan kesini dan sudah beberapa kali saya main untuk Jaguar Musik.

Bisnis.... di Cikarang juga saya punya toko swalayan namanya UBCimart. Toko saya ini paling lama 5 tahun akan menjadi besar seperti Indomaret, Alfamart, dll. Kenapa saya yakin..., sebab toko ini bukan milik saya pribadi tetapi hasil dari modal rame-rame kawan-kawan yang dikelola secara profesional oleh kawan-kawan yang ahli dibidangnya. Sudah banyak pelanggan yang belanja di toko Cimart, nama Cimart sudah mulai dikenal walaupun umur belum 1 tahun.

Blogger.... walaupun lokasi saya ada di bekasi tetapi saya nekat ndaftarin diri jadi Blogger Cikarang demi mimpi untuk membuat sebuah buku. Membuat buku buat saya ini penting sekali karena saya harus bisa berbagi dengan yang lainnya dan menurut saya yang paling efektif adalah melalui sebuah buku. Selain itu buku juga bisa digunakan untuk meningkatkan branding kita sebagai orang pemasaran.
Blogger Cikarang dan Cimart baru saja ngadain Blogshop teknik penulisan cepat bekerjasama dengan Kompasiana di rumah makan Sami Kuring. Untuk acara ini saya juga terlibat sebagai panitia.

Kemarin tanggal 14-Juli-2009 saya atas nama Blogger Cikarang hadir di acara Konferensi Pers Pesta Blogger 2009 dan mudah-mudahan dari Blogger Cikarang ada juga yang bisa mewakili selain pak Amril dan pak Eko.

Cikarang.... suatu saat paling lama tahun depan 2010 saya sudah punya bisnis baru dan property di Cikarang.

Salam sukses dunia akherat,

13 Juli 2009

Masih takut jadi pengusaha... capek dech

Ada kecenderungan dari orang-orang untuk menjalankan banyak bidang usaha dan ada juga kecenderungan orang-orang untuk menjalankan bisnis yang lebih sedikit atau biasa disebut “terfokus”.

Menurut versi yang menjalankan banyak bidang usaha, mereka bilang semua usaha bisa dikerjakan sama-sama asalkan bisa membagi waktunya sedangkan menurut versi yang “fokus” mereka bilang bahwa semua bidang usaha harus fokus kepada tujuan agar bisa menghasilkan yang maksimal.
Ada banyak alasan lainnya yang semuanya masuk akal karena beda orang beda situasinya.

Lalu apakah yang menjalankan banyak bidang usaha itu tidak fokus….???
Menurut saya tidak juga, mereka itu tetap fokus……. fokus kepada semua bidang usaha.
Apakah yang menjalankan sedikit bidang usaha itu juga disebut fokus…?? Tidak juga, bisa jadi ini disebabkan karena mereka takut melakukan action, kebanyakan mikir

Lalu mana yang baik, mana yang lebih bener….??
Semuanya bener… yang tidak bener itu adalah mereka yang tidak melakukan apapun, mereka yang bisanya hanya menceritakan berdasarkan teori yang didapat dari membaca buku, ikut seminar, diskusi. Mereka ini biasanya tidak banyak melakukan action tetapi mereka ini yang bicaranya selalu lebih vokal.
Tong kosong berbunyi nyaring - SLANK
Orang dengan type seperti ini kalau menyampaikan sebuah teori sangat masuk akal dan biasanya teori-nya itu diambil dari kutipan buku motivator terkenal

Lalu mana yang harus dipilih dari semua bidang usaha itu….??
Menurut versi pak Purdi E Chandra owner PRIMAGAMA ada cara yang sangat jitu. Buat tulisan bidang usaha kita, linting kecil2, dikocok dan lihat yang keluar apa… nah itu aja yang dijadikan usaha.
Kenapa…. Karena semua usaha itu pada awalnya belum kelihatan jelas prospeknya. Usaha itu bisa dikatakan punya prospek bagus jika memang sudah terbukti menghasilkan uang buat pemiliknya bukan berdasarkan keberhasilan orang lain.

Yang terpenting lagi adalah….. selalu melibatkan Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap langkah usaha kita. Saling tolong menolong saudara kita yang mengalami kesulitan.
Tidak perduli apapun agamanya, tidak perduli bagaimana cara berdoanya yang penting dalam menjalankan usaha tidak melanggar norma agama dan norma masyarakat.
Gampang kan, masih takut jadi pengusaha…?? Capek dech nerima duit bulanan

Salam sukses dunia akherat,

Mimpi dan action member mastermind Bekasi 5

Hari Sabtu tanggal 11-Juli-2009 diadakan Mastermind di Istana Coklat Mentari di daerah Kranji Bekasi kepunyaan pak Ismed.

Mastermind kali ini istimewa sekali karena sekalian selametan kepada member MMB5 yaitu :

1. Mas Ismed yang membuka istana coklat pertamanya di Kranji Bekasi

2. Teh leni yang membuka toko olahraga dan lainnya "aku lupa kebanyakan makan ayam sama nugget

3. Pak Khoiri Ali dan istri yang membuka cabang ke-2 di Giant


Seperti biasa acara dibuka dengan doa menurut agama masing-masing dengan menundukkan kepala.... "apa berdoa harus nunduk ya....????"


Pertama WIFLE dari pak Dewanto, beliau cerita kalau habis pulang dari PRJ untuk ngurusin barang dagangan dan alhamdullilah sudah lebih dari 10 prospek untuk Depo Kemfood-nya. Selain itu pak Dewanto juga cerita mengenai kegiatannya untuk mengadakan seminar Cookingpreneur. Acara yang patut dikunjungi oleh semua pecinta dan pebisnis masakan. Acara akan diadakan pada tanggal 8-Agustus.


Pak ato, owner Kupat tahu Bandung menceritakan mimpinya untuk memilik property yang di atasnya bisa digunakan sebagai tempat usaha dan usahanya itu digunakan untuk membiayai operasional dan cicilan ke bank. Sebuah ide yang menarik….


Pak Khoiri ali datang bersama istri, mereka cerita kalau baru saja buka cabang ke 2 di GIANT dekat Duta Harapan Indah. Pospek belum kelihatan karena baru beberapa hari buka. Buka di tempat seperti GIANT itu bagus untuk saat ini karena bisa untuk menjaring traffic orang yang belanja buat kebutuhan puasa dan lebaran.

Pak Annas yang belum bisa banyak menceritakan perkembangan usaha karena habis bed rest kena cacar tertular sama anaknya. Semoga bisa diambil hikmah dari setiap cobaan yang dihadapinya.


Mas Rawi cerita bahwa penjualan meningkat setelah menolong beberapa orang yang butuh bantuan. Memang seharusnya kita sebagai manusia harus saling tolong menolong walaupun pertolongan kita tidak harus berupa uang.


Mas ismed cerita bahwa salah satu mimpinya bisa terkabul yaitu mempunyai sebuah ruko dan ruko ini akan disulap menjadi sebuah istana Coklat yang akan dijadikan sebagai Brand di kota Bekasi.


Di Mastermind ini, dari MMB5 mendapat 2 tamu kehormatan yaitu pak Adi nyoman dan mas Eka riyadi.


Pak Adi nyoman ini mempunyai usaha yang luar biasa yaitu men-supply peralatan ke perusahan Oil & gas nasional maupun swasta. Bisnisnya sudah terbilang besar dan hutangnya-pun juga besar tetapi hal ini disyukuri oleh pak Adi karena dengan kondisi seperti itu beliau masih bisa bertahan dan beliau sudah beli pabrik lagi di Jababeka 2.


Mas Eka Riyadi seorang Web master dan pakar SEO. Pak Eka mempunyai mimpi yaitu pada tahun ini harus sudah mendapatkan 9 milyar…. Uuuiiiihhhh jumlah yang banyak. Karena mimpinya ini maka pak Eka jadi pusing, HAPPY PROBLEM tapi hati-hati jangan jadi Problem beneran


Dari semua acara yang ada, yang kita senangi yaitu sewaktu acara makan tumpeng dan makan buah yang dilumuri coklat menggunakan alat coklat fountain, hhhmmmmm nikmat....

Kalau di mal-mall 1 buah harganya 4.000 tapi disini kita semua makan sampai puaaaasssss.


Salah satu yang perannya gak bisa dianggap kecil karena sudah membantu menambah stamina kepada kami adalah teteh Leni.

teh leni ini yang menyumbang tumpeng beserta lauknya, camilan dari mas ismed dan yang bagian ngabisin adalah kita semua…..MANTAP

Pada acara Kopdar ini teh leni tidak bisa hadir karena harus ibadah umroh. Semoga apa yang diperbuat teh leni bisa lebih bermanfaat buat keluarga, karyawan dan masyarakat banyak……. Amin

Apapun mimpinya.... apapun bisnisnya.... hendaknya semua berujung kepada kesejahteraan karyawan dan masyarakat. Tidak patut kita sebagai makhluk yang diberi kelimpahan harta masih saja melupakan mereka yang BENAR-BENAR membutuhkan.


Sampai jumpa di Kopdar Mastermind tanggal 8-agustus di rumah raja hutan pak Khoiri ali


Salam sukses dunia akherat,


11 Juli 2009

Talk Show perdana TDA Bekasi di Radio Gaya 93.6 FM

Pada tanggal 7-Juli-2009 diadakan untuk pertama kali Talk show di Radio Gaya Bekasi 93.6FM dalam acara Meraih Impian pada jam 08.00 – 09.00 pagi. Pada talk show saat ini diwakili oleh Rawi wahyudiono dari Mastermind Bekasi 5 dan pak Rui Wiyono dari Jaguar Musik.


Acara meraih impian ini adalah sebuah acara yang bertemakan kewirausahaan dan untuk Talk Show saat ini membahas mengenai apa itu TDA “Tangan Diatas”…? Bagaimana sejarahnya sampai terbentuk TDA..? Apa saja kegiatannya saat ini terutama di TDA Bekasi….? Apa visi dan misinya…?? Semuanya dijelaskan oleh mas Rawi dengan jelas.


Dari pak Rui menceritakan tentang sejarahnya mengapa beliau terjun ke bisnis musik. Pada awalnya beliau adalah karyawan dari sebuah pabrik minuman terkenal Coca-Cola selama 20 tahun. Karena mimpinya ingin mempunyai usaha sendiri maka pak Rui mengajak kerjasama dengan Jimmi Manopo seorang drummer terkenal pada era 80-an. Sistim yang digunakan saat itu adalah kerjasama dengan sistim bagi hasil. Memang ada beberapa kekurangan dan kelebihan dari sistim ini.


Setelah berjalan beberapa tahun, pak rui mempunyai sebuah mimpi untuk mempunyai Brand sendiri. Sebuah mimpi yang kelihatannya tidak mungkin kalau dipikir sendiri…..

Singkat cerita pak Rui bergabung dengan Mastermind Cikarang. Dari sini pak rui menemukan “kompor-kompor” sejati dan akhirnya pak rui membulatkan tekad untuk menggunakan merk sendiri yaitu JM singkatan dari Jaguar Musik. Kenapa nama Jagur Musik…?? Karena lokasinya ini adalah di jalan Jaguar Raya di daerah Cikarang.

Sampai saat ini perkembangan Jaguar Musik cukup bagus.


TDA Bekasi mempunyai mimpi untuk menciptakan ratusan entrepreneur dari kota Bekasi melalui media Mastermind.

Jika ada yang ingin bergabung ke TDA Bekasi, bisa daftar ke tdabekasi-subscribe@yahoogroups.com


Salam sukses dunia akherat,