23 Juni 2009
Sinergi Cafe Ano's, Cimart Band, UBCimart dan Jaguar Musik
Tapi untuk saat ini pandangan saya berbeda walaupun tetap saya melihat sekeliling sambil ngincer pengunjung cewek yang ada. Kenapa yang saya lihat pengunjung cewek..... sebab menurut saya kalau di suatu Cafe atau tempat hiburan ada cewek yang cakep maka itu adalah sebuah nilai plus yang bisa diolah untuk menjadi sebuah pemasukan ".... please don't have negative thinking"
Penampilan pada sabtu malam itu adalah sebuah sinergi yang bagus antara UBCimart, Jaguar Musik, dan Cafo Ano's. Pengisi acara membayar biaya yang sangat-sangat murah dan Cafe Ano's mendapatkan pengunjung yang banyak tapi sayang sekali, pihak Cafe Ano's tidak bisa memaksimalkan penjualan dalam acara ini.
Pengisi acara yang tampil dari beraneka macam aliran musik tetapi kebanyak musik pop yang dengan lagu-lagu yang sekarang ngetop. Ada juga group dari Tambun yang beraliran METAL yang selalu bilang.....cek cek cek cek
Pengunjung cukup beragam mulai dari anak-anak ABG sampai yang sudah berumur yang datang dengan keluarga. Dari begitu banyak pengunjung, bisa dikelompokkan menjadi 2 (dua) yaitu
1. Kelompok Keluarga
2. Kelompok ABG
Kelompok 1 (keluarga) adalah kelompok yang bisa menghasilkan pembelian. Mereka sudah mempunyai penghasilan sendiri dan setiap kali datang minimal 3 minuman harus dibeli.
Kelompok 2 (ABG) biasanya kebanyakan duduk sambil nungguin temannya yang main atau ada juga yang sambil pacaran. Mereka sangat kecil untuk melakukan pembelian tetapi bukannya tidak mungkin. Kalau mereka datang berdua, dicoba untuk ditawarkan minuman/minuman yang ngetrend seperti Coca-Cola, teh botol, kentang goreng, pop corn, makanan ringan (kacang, cireng, dll)
Kelompok 1 (keluarga) biasanya datang pada pukul 19.00 - 20.00, hal ini dikarenakan mereka membawa keluarga jadi harus segera pulang kalau tidak anaknya akan ketiduran atau orang tuanya masuk angin.... (maklum kalah sama umur)
Kelompok 2 (ABG), datangnya acak dan mereka biasanya akan tetap disitu sampai acara bubar, maklum gratisan.... "jadi inget waktu sekolah dulu"
2 Kelompok ini sebetulnya bisa digarap oleh Cafe Ano's dengan maksimal tetapi lebih baik di-sinergikan antara Cafe Ano's + Cimart dan JM.
Ada beberapa cara untuk meraih penghasilan dari acara ini :
1. Cimart Band sebagai pengisi acara tetap di Cafe Ano's pada jam 19.00 - 22.00. Waktunya tidak harus setiap hari sabtu biar kelihatan eksklusif. Dipilih pada jam segitu adalah untuk menghibur kelompok 1 yang berduit biar mereka betah duduk lama-lama di cafe.
2. UBCimart dan JM membuka lapak 1 - 2 meja di sekitar Cafe untuk promosi. Cimart bisa bawa beras, minyak goreng atau apa aja sebagai display dan tidak lupa disediakan brosur. Diberikan discount khusus untuk pembelian pada hari itu. Lakukan cara-cara marketing jalanan untuk meingkatkan penjualan.
3. Sebagai band tunggal maka JM untuk saat ini tidak perlu dibayar tetapi hal ini tidak perlu selamanya sebab yang namanya penjualan harus menghasilkan keuntungan materi. Untuk tahap awal hal ini harus dilakukan untuk menambah jam terbang dan membuat portofolio Cimart band bagus dan juga bisa mewujudkan mimpi semua personilnya untuk menjadi terkenal.
Dari beberapa cara diatas pasti ada pertanyaan dari pihak Cafe Ano's.... apa yang saya dapatkan...?
Banyak sekali yang didapatkan oleh Cafe Ano's
1. Cafe Ano's akan mendapatkan pengunjung yang segmented yaitu kelompok 1 (keluarga) yang memang mempunyai kemampuan untuk belanja dan kelompok 2 (ABG) bisa ditingkatkan pembeliannya dengan sitem jemput bola.
2. Kita berikan margin kepada Cafe Ano's untuk setiap transaksi yang terjadi di Cafe Ano's dan untuk lebih fair maka sistem pembayarannya melalui kasir Cafe Ano's. Transaksi ini bisa berupa pembelian barang atau juga daftar kursus musik di JM.
3. Suasana Cafe akan semakin nyaman dan semakin terbentuk dengan seringnya dikumandangkan lagu-lagu Oldies dari Cimart Band atau group lain yang telah lewat seleksi dari Cimart Band/JM.
Dari keuntungan diatas yang pasti didapatkan adalah meningkatkan margin dari ketiga belah pihak yaitu pihak Cafe Ano's dan juga dari pihak Cimart dan Jaguar Musik (JM). Sebuah sinergi yang sama-sama win-win solution.
Salam sukses dunia akherat
20 Juni 2009
Komentar juri di ujian wirausaha STP Trisakti
Tanggal 13-Juni-2009 ada ujian mata kuliah Kewirausahaan di kampus STP Trisakti di daerah Bintaro. Mata kuliah ini mengajarkan tentang kewirausahaan kepada para mahasiswanya dan sorang dosennya adalah kawan baik saya mas Wisnu pemilik Rumah Makan Samikuring di Cikarang.
Karena ini adalah sekolah pariwisata dan jurusannya adalah jurusan yang berhubungan dengan memasak, maka yang dipresentasikan disini adalah segala hal yang berhubungan dengan masakan dan cara mereka melakukan penjualannya.
Dari beberapa mahasiswa ada yang berani melakukan eksperimen dalam hal makanan dan ada juga yang biasa-biasa saja.
Contohnya seperti pembuatan makanan dengan bahan dasar singkong. Dari singkong ini dibuat beberapa makanan yang umum ada dipasaran seperti risoles, dll. Modalnya cukup kecil, bahan banyak didapat dan harganya bisa kompetitif. Modal awal 1 kue adalah Rp. 700,- atau bisa juga diperkecil jadi Rp. 500,- dengan harga jual RP. 1.000
Cara jualnya mereka juga masih standar dengan cara dititipkan ke pedagang lain. Harusnya penjualan mereka dikombinasi dengan membuka lapak sendiri di suatu tempat seperti pasar kaget di waktu minggu, bazaar, dll.
Ada lagi bakso yang berbentuk kotak disebut KOBOK. Rasa kuah dan baksonya tidak ada perbedaan dengan yang lainnya tetapi cara pembuatannya bisa cepat dan hal ini bisa berefek pada proses pekerjaan yang cepat. Harga jual cukup murah yaitu Rp. 5.000,- per porsi.
Kalau pada umumnya bakso bulat itu dibikin dengan tangan terus direbus, tetapi yang ini proses pembuatannya seperti membuat tahu. Bahan dasar bakso ditaruh diatas loyang dan kemudian dimasak. Setelah matang baru dibikin irisan dengan besar sesuai keinginan.
Proses pembuatan cepat, harga yang standard, rasa sedikit jauh diatas rata-rata maka bakso ini bisa cepat diterima pasar. Untuk meningkatkan penjualan, seharusnya mereka bekerja sama dengan minuman teh botol dan baksonya dipaket dengan minuman ini.
Selain itu ada juga yang menawarkan Yoghurt. Minuman ini belum populer di Indonesia tetapi ada marketnya yaitu mereka yang ingin hidup sehat. Market kecil tetapi daya beli besar. Tetapi sayangnya... untuk pembuatan Yoghurt ini mereka harus keluar uang jutaan rupiah. Untuk usaha yang baru mulai apalagi yang menjalankannya mereka yang baru mengenal bisnis maka resiko ini cukup besar. Berdasarkan pengalaman, untuk start bisnis awal itu tidak akan bagus hasilnya, margin tidak akan sesuai dengan harapan. Masih butuh jam terbang agar usaha bisa cukup eksis. Minuman ini harganya Rp. 24.800, harga ini berhadapan dengan merk terkenal seperti J'CO dll. Harus mempergunakan trik pemasaran tertentu agar produknya bisa diterima pasar.
Dari acara yang cukup menarik diatas, ada beberapa catatan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal yaitu :
1. Para mahasiswa sebaiknya pada semester awal setelah pertemuan 1 harus sudah mulai menjalankan usaha. Rata-rata mereka baru melakukan penjualan dalam hitungan minggu jadi belum bisa terbaca prospeknya dan mereka belum merasakan bagaimana pahitnya marketing jalanan itu.
2. Para mahasiswa dibatasi modal awalnya maksimal Rp. 500.000,- agar mereka bisa menjalankan usaha ini dengan modal sekecil-kecilnya tapi bisa mendapatkan hasil sebesar-besarnya.
Secara keseluruhan mereka lulus. Tidak ada yang tidak lulus dalam mata kuliah kewirausahaan. Yang tidak lulus adalah mereka yang tidak mau mencoba, mereka yang tidak mau Take Action.
Ingat... Take Action Miracle Happen, No Action No opo-opo.....
Salam sukses dunia akherat
15 Juni 2009
Perbaikan gizi di Mastermind MMB5
Hari minggu tanggal 14-Juni-2009 jam 10.00 acara Kopdar Mastermind MMB5 di adakan di rumah teh Leni (Ratu wedding). Acara ini kelanjutan dari Kopdar bulan lalu di rumah pak Ato.
Management yang hadir :
1. Rawi Wahyudiono - Banking, printer specialist, Band
2. Dewanto Purnomo - Depo Kemfood, Bakmie Raos
3. Ato Sunarto + pasukan - Kupat Tahu Bandung, iTutor
4. Anita + anak - Selimut, kost-kostan
5. Khoiri Ali + istri - Baju bayi
6. Leni Nurlaeni - Wedding organizer, kuliner
7. Muhammad Rum + pasukan - Percetakan
8. Ismed - Coklat Mentari
9. Anas + pasukan - Website, tiket online
Berdo'a menurut agama masing-masing agar acara Kopdar ini bisa di ridhoi dan bisa bermanfaat buat usaha dan orang lain.... berdo'a mulai
Setelah sedikit pengantar pak Dewanto mengenai perkembangan usaha dan berita terbaru, maka....
Wifle pertama oleh mas Ismed.
"...pada bulan lalu saya punya rencana untuk mendapatkan ijin DEPKES dan rencana untuk reseller Coklat Mentari dan alhamdullilah sebelum Kopdar Mastermind ini semuanya sudah terwujud..."
Ijin DEPKES sudah keluar dan reseller untuk coklat mentari juga cukup bagus. Sudah ada beberapa yang mengajukan diri tetapi rata-rata mereka terhambat oleh kesibukan masing-masing.
Mimpi ke-depannya adalah membuat sebuah toko Coklat yang saat ini tokonya sudah ada dan tinggal dirapikan saja biar siap untuk jualan dan produksi. Dan masih sesuai rencana bahwa pada akhir tahun ini mas ismed sudah tidak akan jadi KODOK lagi melainkan berubah menjadi GAJAH full TDA.
Wifle kedua oleh mbak Anita. Saat ini beliau sedang merenovasi bangunan yang ada di daerah Kalimalang agar bisa digunakan untuk kost-kostan. Tanah cukup luas dan ada beberapa bangunan yang membutuhkan perawatan. Kendala yang ada sebetulnya adalah dari rasa percaya diri yang kurang bahwa usaha ini nantinya bisa menghasilkan. Kurang PD-nya ini disebabkan juga karena pernah trauma punya pengalaman buruk dengan penyewa sebelumnya.
Wifle ketiga oleh teh Leni. Kejadian akhir-akhir ini yang dialami oleh teh leni sangat menarik. Beliau baru pulang umroh dan jika tidak ada halangan bulan depan juga mau berangkat umroh lagi.... amiinnn.
Teh leni punya beberapa ruko di Bandung yang disewakan ke orang lain. Usaha wedding organizer masih jalan dengan normal cuma hal ini bukan menjadi mimpinya sebab mimpi teh leni adalah punya usaha sendiri di bidang kuliner atau membangun restoran.
Sebetulnya beliau sudah mempunyai modal dasar yang bagus yaitu kemampuan memasak. Hal ini dibuktikan dengan membaiknya gizi member MMB5 pada saat mastermind. Hidangan yang disajikan pada saat itu adalah ala Timur Tengah..... Mak nyuuusss TOP MARKOTOP
Wifle keempat oleh mas Anas, Untuk bulan ini beliau-nya kehambat dengan tugas sebagai kodok di kantor. Harus sering keluar kota untuk urusan kantor yang mengakibatkan urusan bisnis terhambat. Tapi hebatnya biarpun tersendat usahanya, beliau masih bisa membuka konter Kupat Tahu Bandung di daerah Delta Mas bekerja sama dengan kang Ato. Bisnis selimut terhambat pasokan, website juga belum maksimal... sudah ada order tapi tidak bisa menjalankan.
Dari semua yang disampaikan ada berita gembira.... bahwa pada bulan Februari 2010 mas Anas akan RESIGN jadi KODOK dan akan berubah menjadi GAJAH Full TDA.... amin semoga semua yang direncakan bisa berjalan sesuai dengan rencana TUHAN
Pas jam 12.00 lebih sedikit waktunya untuk break sholat dhuhur dan perbaikan gizi alias makan siang... Nasi kebuli, kare daging sapi, kambing, sama makanan lainnya yang saya tidak tahu namanya tapi enak dimakan.... Ditambah lagi minumnya teh Rosella dingin.... mak nyeessss
Mastermind sambil ngajak anak main-main..... memang sebuah mastermind yang indah
Setelah perut kenyang dengan masakan Timur Tengah maka wifle berikutnya oleh Muhammad Rum. Sampai saat ini omzet meningkat dari beberapa customer yang lama. Ada beberapa pabrik yang melakukan perubahan sistemnya dan akibat dari perubahan ini mereka membutuhkan beberapa barang cetakan yang baru. Selain percetakan, order pembuatan website dari teman-teman TDA juga banyak. Memang bisnis itu akan lebih berjalan salah satunya melalui komunitas.
Wifle berikutnya oleh mas Khoiri Ali si raja hutan (2 minggu di hutan dan 2 minggu di kota). Beliau sudah membuka toko bayi di daerah Bekasi dan dana yang sudah masuk sekitar Rp. 50.000.000,-. Dilihat dari lokasi memang masih kurang bagus tapi akan lebih tidak bagus lagi kalau tidak melakukan apa-apa. Hebatnya lagi mas Khoiri sudah membeli kios di sekitar situ dan beberapa bulan lagi kios itu sudah serah terima kunci. Selamat ya mas... 5 bulan yang lalu di awal mastermind beliau masih merencakan sebuah bisnis dan saat ini sudah punya bisnis dan sebuah kios.
Tetapi semua ini bukan kerja mas Khori sendiri, beliau dibantu oleh istrinya dalam hal operasional yang juga masih belum paham soal dagang tapi mau belajar bersama. Hal ini patut dicontoh oleh yang lain termasuk saya pribadi.
Wifle berikutnya mas Dewanto, Beliau ini sekarang ikut pameran di PRJ dengan membuka stand KemFood. Konsep yang ditawarkan sangat menarik. Dengan uang Rp. 7.500.000,- maka sudah bisa memulai bisnis. Dapat freeser, makanan, brosur, dll.
Prospek yang menarik lagi adalah soal susu instan. Apabila sudah punya beberapa kios susu maka berikutnya sebagai pemilik akan mudah melakukan negosiasi dengan pihak produsen bahkan untuk cat lokasi, papan nama dan bahan promosi lainnya bisa di support oleh produsen.
Wifle berikutnya oleh Kang Ato Sunarto, Beliau ini punya beberapa usaha kuliner, pendidikan, agrobisnis dan properti. Mimpi berikutnya adalah pengembangan dari bisnis yang ada sekarang agar bisa mencapai tagert omzet tertentu. Mimpi yang cukup besar adalah sebagai agen property no 1 di Bekasi. Saya yakin ini bisa terwujud berbekal pengalaman yang ada selama ini dan juga dibantu dengan adanya Property Club di Bekasi. Dengan melakukan sinergi yang tepat dengan beberapa orang maka saya yakin usah yang dirintis akan cepat membesar.
Wifle terakhir oleh mas Rawi, Soal pekerjaan rutin sudah sekitar 80% dikerjakan oleh anak buah dan sisanya yang 20% digunakan untuk pekerjaan administrasi dan pembuatan SOP perusahaan. Margin ada peningkatan dengan diperpanjangnya beberapa kontrak maintenance printer dan sudah di tanda tangani-nya beberapa kontrak maintenance baru.
Selain pekerjaan jualan komputer, mas rawi juga punya aktifitas lain yaitu main band dengan teman-teman di Cikarang Baru yang tergabung di group Cimart Band. Sudah beberapa kali show dan untuk beberapa bulan ke depan jadwal show di beberapa tempat juga sudah ada.
Sekedar mengingatkan buat saya sendiri dan kawan-kawan yang lain. Bisnis akan lancar, diridhoi oleh Yang Maha Kuasa apabila kita menjalankan apa yang di perintahNYA dan menjauhi apa yang di larangNYA.
Salah satu kunci agar bisnis selamat dunia akherat adalah SEDEKAH. Dalam beberapa mastermind memang tidak pernah disinggung soal ini tapi saya yakin kawan-kawan lain pasti sudah manjalaninya dengan rutin.... Insya ALLAH
Mastermind berikutnya di rumah si raja hutan mas Khoiri Ali tanggal 12-Juli-2009
Salam sukses dunia akherat...
12 Juni 2009
Sinergi pengusaha dan ilmuwan menghasilkan produk yang dahsyat
Tanggal 20-Mei-2009 pukul 19:00 WIB setelah seharian ngurusin order kerjaan, saya melihat di TransTV ada acara aneh. Film di dubbing bahasa Indonesia dengan pemain orang bule dan orang Jepang. Cukup sebentar saya lihat acara ini tapi habis itu pindah channel lain….. aneh TransTV, jam segini nyiarin film beginian. Tapi karena penasaran maka siaran tersebut saya ikuti dan ternyata memang dahsyat sekali ceritanya…..
Di ceritakan tahun 1907 jiwa kebangsaan orang Jepang pada saat itu begitu mendalam dan salah satunya adalah Dr. Kikunae Ikeda. Beliau tidak puas dengan kondisi masyarakatnya (Jepang) pada saat itu. Beliau ingin bangsanya bisa bersaing dengan negara lain.
Seorang Jepang bernama Dr. Kikunae Ikeda mengarungi perjalanan yang mengarah ke sebuah penemuan dan pembuatan rasa baru yang menggiurkan yang selalu memanjakan lidah warga dunia. Beliau melakukan ini setelah membaca laporan dari Dr. Hiizu Miyake, M.D yang menyarankan bahwa pencernaan makanan berkaitan dengan rasa makanan, Dr. Kikunae Ikeda melakukan investigasi lanjutan mengenai topik ini.
Saat Dr. Kikunae Ikeda menempuh pendidikan di Jerman, ia menemukan rasa yang sangat istimewa dan selalu ada dalam masakan eropa, tidak seperti 4 rasa yang selama ini beliau kenal yaitu : manis, asam, asin dan pahit. Hal ini menggugah rasa keingin tahuan beliau dan akhirnya dilakukan sebuah penelitian oleh Dr. Kikunae Ikeda terhadap sumber rasa yang tak dikenal ini.
Dari beberapa kali percobaan akhirnya Dr. Kikunae Ikeda mengarah ke Kombu, sebuah rumput laut yang bergizi. Rasa ini lalu dinamakan umami. Pada saat ini rasa itu dianggap sebagai satu dari lima rasa dasar dalam daftar makanan kita.
Penemuan ini menarik perhatian seorang konglomerat yang bernama Soburu Suzuki (pendiri Ajinomoto). Beliau juga mempunyai visi yang sama yaitu ingin membuat masyarakat Jepang menjadi lebih baik. Setelah melalui beberapa tahap negosiasi akhirnya keduanya sepakat untuk bersinergi untuk mewujudkan mimpi yang sama.
Pelajaran yang bisa diambil adalah bahwa semua orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sukses, kaya dan terkenal. Tidak perduli posisi dan kedudukan kita pada saat ini apabila memang sudah ada peluang untuk maju maka kesempatan itu harus segera di ambil.
Dalam hal ini Dr. Kikunae Ikeda adalah seorang professor dimana biasanya seorang professor itu kecil sekali untuk memikirkan segi bisnis dan sang pengusaha Soburu Suzuki sebagai partner Dr. Kikunae Ikeda ini sangat jeli melihat peluang. Soburu Suzuki memberikan masukan kepada Dr. Kikunae Ikeda agar ramuannya dirubah menjadi sebuah produk yang bisa dijual secara masal (tidak diceritakan apakah pada saat itu memang disiapkan untuk penjualan ke seluruh dunia atau tidak…)
Untuk cepat berkembang maka manusia harus bekerja-sama dalam mewujudkan mimpi-nya.
Dengan kombinasi sistim penjualan yang baik dari sang pengusaha Soburu Suzuki dan ilmu dari Dr. Kikunae Ikeda maka AJINOMOTO bisa berkembang ke seluruh dunia. Sungguh kombinasi yang dahsyat.
Yang harus di ingat adalah…. Kita sebagai individu harus bisa mempersiapkan diri kita sendiri agar diri kita memang layak untuk diajak kerjasama.