26 Mei 2009

Panduan Mastermind

Informasi ini saya copy dari situs TDACipasera semoga bisa dijadikan panduan untuk bermastermind

1. Definisi

Kelompok Mastermind adalah kelompok-kelompok kecil yang memiliki komitmen tinggi yang beranggotakan para pebisnis dan atau calon pebisnis untuk mencapai target yang disepakati bersama. Dengan adanya kelompok mastermind ini diharapkan para pebisnis akan memiliki lingkungan (miliu) yang positif yang dapat mendukung perkembangan bisnisnya. Dari kelompok ini diharapkan akan menghasilkan para pebisnis tangguh, memiliki perilaku untuk saling membantu sesama anggotanya, serta memiliki jaringan kerja (network) yang kuat. Kelompok Mastermind memiliki kurikulum & referensi yang dijadikan acuan dalam setiap pembahasan.

2. Tujuan & manfaat

Tujuan utama dari dibentuknya Kelompok Mastermind adalah agar bisnis dari setiap anggotanya dapat berkembang secara optimal. Tujuan ini tercapai dengan adanya saling mendukung di antara anggota. Beberapa manfaat dari Kelompok Mastermind:
• Memiliki konsultan gratis
• Mendapat lingkungan yg mendukung bisnis
• Belajar dari sesama anggota
• Timbulnya ide2 baru
• Mendapatkan semangat/energy baru dlm menjalankan bisnis
• Memiliki tempat curhat
• Menumbuhkan & menjaga motivasi bisnis
• Menambah network

3. Nilai-nilai yang harus ditegakkan

• Komitmen
• Give & Take
• Saling Percaya
• Kejujuran
• Keterbukaan
• Solidaritas & kebersamaan
• Tidak ada figuritas

4. Cara pembentukan Kelompok Mastermind
Bagaimana cara membentuk Kelompok Mastermind?
• Mengumpulkan calon angota yg bersepakat membentuk KMM
• Bangun komitmen unutk membetuk KMM dgn mempertimbangkan kemudahan untuk bertemu (tempat & waktu)
• Menentukan tempat & waktu default pertemuan
• Kumpulkan biodata
• Tunjuk satu koordinator & notulis
• Daftarkan ke divisi MM TDA. Hanya yg teregister yang di akui
• Dianjurkan memiliki beragam latar belakang bisnis

5. Keanggotaan

• Siapa?
l. Para pebisnis dan atau calon pebisnis
ll. Untuk memudahkan bertemu, dianjuran yang memiliki kedekatan goegrafis
lll. Memiliki kesamaan level bisnis
iv. Dianjurkan pria & wanita dipisah dgn pertimbangan kedekatan emosional & psikologis
v. Tidak diijinkan memiliki keanggotaan lebih dari 1 KMM

• Jumlah
l. Jumlah anggota yang optimal 5 ~ 8 orang
ll. Terlalu banyak anggota akan tidak efektif pertemuanya
lll. Terlulu sedikit, jumlah masukan akan sedikit

• Tugas Koordinator
i. Sebagai pintu komunikasi ke ketua divisi MM TDA & pihak lainnya
ii. Mengkoordinir pertemuan rutin

• Cara masuk
i. Lihat ke http://tdamastermind.blogspot.com untuk mendaptkan info KMM yg terdekat
ii. Menghubungi koordinator Kelompok Mastermind untuk menanyakan status keanggotaan Kelompok Mastermind ybs, masih terbuka atau sudah tertutup.

• Cara pindah KMM
i. Alasan pindah
- Jarak
- Waktu
- Atau sebab lainnya
ii. Lapor ke coordinator KMM untuk diteruskan ke div MM TDA

• Mastermind Online
Untuk wilayah yang anggotanya masih belum mencukupi untuk membentuk 1 kelompok mastermind maka bisa bergabung dengan anggota dari wilayah lain dengan sistem online, tetapi hal ini hanya untuk sementara sebelum anggota mencapai jumlah yg cukup.

• Komitmen
Untuk menjaga komitmen setiap anggota maka perlu dibuat ketentuan bahwa setiap anggota KMM wajib hadir pada setiap pertemuan mastermind yang sudah disepakati bersama.
Apabila selama 3 kali berturut-turut tidak hadir tanpa alasan kuat yang bisa dibenarkan oleh seluruh anggota KMM maka secara otomatis keanggotaannya dinyatakan gugur.

6. Kurikulum RDBPSAP (Reason (alasan), Dream (mimpi), Believe (percaya), Passion (keinginan), Strategy (siasat), Action (tindakan), Pray (doa))

7. Kegiatan

• Pertemuan rutin
i. Sharing (pengungkapan perasaan, winning dll) What I fell like expression (WIFLE)
ii. 2 ~ 3 jam. Masing2 anggota 15 menit (10 menit sharing, 5 menit tanggapan)
iii. Sharing ilmu bisnis
iv. Ada notulis & timer & moderator

• Kunjungan bisnis
• Pelatihan/workshop
• Raker, setahun sekali, untuk menyusun program kerja setahun ke depan

8. Referensi

Buku yang bisa dijadikan referensi:
1. Master Your Mind Design Your Destiny – Adam Kho with Stuart Tan
2. The Seven Habits of Highly Effective People – Stephen R. Covey
3. Financial Revolution – Tung Desem Waringin
4. Blue Ocean Strategy – W. Chan Kim & Renee Mauborgne
5. Billionaire in Training – Bradley J. Sugars
6. Instant Series by Bradley J. Sugars:
a. Instant Leads
b. Instant Promotions
c. Instant Sales
d. Instant Profit
e. Instant Cashflow
f. Instant Systems
g. Instans Team Building
h. Silakan ditambahkan sesuai kebutuhan

9. Tempat, Waktu & Konsumsi

• Dianjurkan tempat yang tidak berbiaya mahal, tidak bising
• Tempat pertemuan sebaiknya dibuat bervariasi. Di alam terbuka & tempat-tempat yang bisa memberikan inspirasi sangat dianjurkan
• Dianjurkan seminggu sekali
• Durasi pertemuan 2~3 jam
• Konsumsi yg sederhana shg tidak memberatkan anggota

10. Media komunikasi
• Buat media komunikasi antar anggota (SMS, Blog, milis, Facebook dll)

11. Leveling

i. Level Start Up : omset bisnis 0 – 500 Jt / thn
ii. Level Growing-1 : omset bisnis 500 Jt – 1 M / thn
iii. Level Growing-2 : omset bisnis 1 M – 10 M / thn
iv. Level Growing-3 : omset bisnis 10 M – 100 M / thn
v. Level Growing-4 : omset bisnis diatas 100 M / thn

Untuk wilayah dengan anggota yang sudah cukup banyak maka sistem leveling ini bisa diterapkan, namun apabila anggotanya masih sedikit maka antar level bisa digabung.

12. Kewajiban Membina Kelompok MM Lainnya

Setiap anggota kelompok mastermind pada level growing wajib membina kelompok lainnya yg berada pada level di bawahnya. Kewajiban pembinaan ini menjadi tanggungjawab kelompok mastermind dan bukan perorangan.


13. Tujuh Rahasia

Tujuh rahasia untuk menciptakan dan mempertahankan sebuah kelompok mastermind yang sukses adalah sebagai berikut:

1. Kita harus mempunyai tim dengan sudut pandang dan latar belakang yang beraneka ragam.
Karena kita menginginkan perspektif yang berbeda, maka orang-orang dalam tim harus berasal dari industri atau bidang keahlian yang berbeda pula. Ketika megembangkan atau menyusun ulang ide-ide dari perspektif yang berbeda, ide yang lebih baik biasanya akan diperoleh.
2. Pilihlah seseorang untuk memimpin kelompok
Jika mastermind beranggotakan lima atau lebih, maka sudah saatnya menunjuk seorang pemimpin. Pemimpin akan menjaga tim tetap di jalan yang tepat. Membantu semua orang dalam membuka pemikiran mereka pada saat proses menghasilkan ide.
3. Buatlah sebuah tujuan bersama.
Sebuah tim akan efektif jika tujuan atau hasil yang ingin dicapai jelas. Hampir semua mastermind yang kekurangan visi dan sebuah tujuan bersama akan mengalami kegagalan.
4. Milikilah agenda
Agenda ini sangat penting untuk menjaga tim mastermind tetap terfokus pada saat pertemuan.
5. Bukalah pikiran.
Masing-masing anggota tim harus tetap terbuka. Ketika sebuah ide pertama kali dikemukakan, catatlah ide tersebut tanpa melakukan perubahan. Baru setelah semua ide dikemukakan, baru diteliti satu persatu. Kembangkanlah masing-masing ide sehingga diperoleh ide yang lebih bagus. Lalu pilihlah ide yang paling efektif, dan ambillah tindakan.
6. Berikan waktu tertentu dan adakanlah pertemuan secara teratur.
Pertemun yang efektif sebaiknya setiap minggu, atau minimal dua kali sebulan. Pertemuan yang teratur dan konsisten sangat penting. Jika tidak, momentum dan antusiasme akan menurun.
7. Bersenang-senanglah.
Bersenang-senanglah, have Fun... Ini adalah hal yang paling penting. Karena jika kita dan semua orang yang ada dalam kelompok mastermind bergembira, maka kualitas dari ide-ide akan naik.
Sumber : Meet And Grow Rich by Joe Vitale and Bill Hibbler

Point-point bermastermind ini sedang disusun dan dikembangkan oleh:
Mastermind Cipasera 1 (www.tdacipasera.co.cc) dan group MM yang lain yang nantinya akan dibakukan oleh Divisi MM TDA untuk dijadikan panduan MM TDA

24 Mei 2009

Tentang Mastermind

Informasi ini say copy dari Blog TDA Sekretariat untuk informasi tambahan ber-mastermind.

Pendapat Les Brown (co-author buku Kekuatan Dari Fokus) mengenai kelompok mastermind:


"Kelompok mastermind kami terdiri dari lima orang. Masing-masing orang memiliki bisnisnya sendiri, terdiri dari industri yang berbeda-beda. Saat ini kelompok kami sudah empat belas tahun berkumpul. Kami tidak bersosialisasi banyak di luar pertemuan bulanan. Selama berkumpul semua orang pernah mengalami berbagai kesulitan dan menikmati berbagai prestasi. Topik diskusinya mencakup tantangan dan peluang bisnis yang ada; bagaimana caranya menciptakan presentasi yang efektif; di mana ibsa ditemukan modal ventura; dan bagaimana cara memecat karyawan kunci. Kami juga pernah mengalami kesulitan dalam pernikahan, masalah dengan anak remaja, persoalan kesehatan, krisis keuangan dan perubahan karir. Beberapa pertemuan kami pernah emosional, di mana air mata dikucurkan tanpa sungkan. Kami sekarang menikmati ikatan yang mengagumkan dan kekayaan mengetahui bahwa ketika siapa pun membutuhkan bantuan, empat orang siap dan mau memberikan bantuan segera. Sungguh posisi yang penuh kuasa. Waktu dan upaya yang dicurahkan benar-benar layak".

Ajakan pembentukan mastemind dari sang Jendral TDA, pak Roni Yuzirman :

Pembentukan TDA Mastermind Group (kelompok pemikir utama) sudah saya utarakan sejak lama. Mungkin ada beberapa member yang ingat. Mastermind Group ini penting. Banyak orang sukses melakukannya. Pak Tung, Anthony Robbins, Mark Victor Hansen, semua punya kelompok mastermind.

Sebenarnya bagi yang muslim, hal ini bukanlah hal baru. Nabi Muhammad melakukannya pada masa awal dakwah. Istilahnya adalah halaqah atau liqa'. Kira-kira mirip seperti itu. Kalau di intelijen istilahnya adalah sistim sel. Bisnis MLM sebenarnya mengadopsi sistim dakwah nabi ini.

Tapi, jangan anggap enteng sistim sel ini. Dalam waktu singkat kota Mekkah dapat ditaklukkan karena berjalannya sistim ini. Fenomena PKS 'menaklukkan' Jakarta dan sebagian Indonesia juga karena efektifnya sistim ini. PKS bisa sukses karena sistim pengkaderan yang canggih ini. Hal ini kelihatannya mulai dicontoh oleh partai-partai lain.

Di TDA sendiri sistim kita sebenarnya mengacu ke sistim sel ini. Jadi, kita sebenarnya tidak mencari jumlah member yang banyak. Member yang sedikit saja tapi berkualitas. Sedikit tapi efektif dan kuat. Makanya kita selalu dorong interaksi sesama member dalam setiap kegiatannya.

Berikut ini akan saya kutip latar belakang dan urgensinya pembentukan kelompok mastermind dari bukunya Mark Victor Hansen dkk berjudul Kekuatan dari Fokus (halaman 182-185):

Mastermind Group, sesuai namanya, menuntut pemikiran bersama. Awalnya sudah ada sejak dulu. Socrates menikmati perdebatan seru dan peluang berbagi ide serta wawasan. Anggotanya idealnya adalah 5-6 orang yang ingin mengembangkan hubungan baik jangka panjang.

Maksud utama mastermind group adlah memberikan dukungan satu sama lain secara emosional, pribadi, maupun profesional. Dalam forum ini, anggota saling berbagi ide serta informasi, sekaligus mendiskusikan topik-topik berarti serta tantangan sehari-hari. Kalau anda pilih orang yang TEPAT, sistim dukungan yang mengagumkan ini bisa dinikmati bertahun-tahun. (Komentar saya: sistim ini sebenarnya sudah berjalan di komunitas TDA dalam forum milis).

Ada empat tindakan yang diperlukan untuk mewujudkan konsep ini:
1. Pilihlah orang yang tepat.
Mulai dengan 1-2 orang dulu dan secara bertahap menambahnya. Juga ada baiknya memasukkan orang-orang yang mempunyai pengalaman sukses sejati dlam bisnis, atau telah mengatasi situasi-situasi pribadi yang menantang. Membernya dianjurkan dari industri yang berbeda. Campuran berbagai pengalaman serta latar belakang akan menambah kedalaman serta variasi.

2. Semua orang harus membuat komitmen.
Kelompok mastermind dirancang sebagai sistim dukungan jangka panjang. Ini bukanlah orang-orang sembarangan. Harus ada kesepakatan awal tentang kebijakan pemberhentian. Jangan sampai tercipta gejala "apel busuk dalam keranjang", di mana seorang individu yang mengendalikan atau negatif itu mendominasi keseluruhannya.

Tingkat komitmen akan menentukan seberapa sukses kelompok mastermind ini jadinya. Komitmen menuntut kehadiran yang teratur, kesediaan untuk berpartisipasi, dan kesepakatan untuk merahasiakan apa pun yang diceritakan dalam kelompok.

Manfaat sesungguhnya akan terasa hanya ketika ada kepercayaan yang tinggi di dalam kelompok.

3. Putuskan kapan, di mana, seberapa sering dan berapa lama andna ingin berkumpul.
Dua tiga jam setiap bulannya adalah aturan yang baik, atau boleh lebih sering. Ada yang memilih waktu sarapan di tempat yang rileks, ada yang memilih wkatu makan malam selepas hair kerja. Kembali, beppulang kepada anda. Pilihlah lokasi di mana anda tidak terganggu oleh telepon, faks atau orang lain. Jadikanlah aturan untuk mematikan telepon seluler ketika sedang berkumpul. Jangan perlakukan kelompok mastermind ini sebagai rapat. Ini adalah waktu istimewa dengan orang-orang istimewa. Jadi, maksimalkanlah peluangnya untuk fokus kepada persoalan yang ada.

4. Apa yang dibicarakan?
Pilihlah pemimpin peran utamanya agar menjaga percakapan tetap berlangsung dan memberikan waktu yang sama bagi semua orang. Lalu ajukan pertanyaan: "Bagaimana kabarnya dengan kehidupan bisnis?", dan "Bagaimana kabarnya dengan kehidupan pribadi?" Bergiliranlah (ini mirip WIFLE di Action Intl).

Pertanyaan baik lainnya adalah, "Apakah tantangan terbesar yang kamu hadapi sekarang ini?" Juga, diskusikanlah dan dukunglah sasaran-sasaran masing-masing. Inspirasikanlah semua orang untuk meraih apa yang mereka inginkan. Doronglah mereka untuk berpikir besar dan perkenalkanlah mereka kepada orang yang bisa mempercepat kemajuan mereka.

Terkadang anda mungkin perlu menyiapkan topik khusus. Ada baiknya juga kalau anda mencadangkan waktu bagi seseorang yang mempunyai kebutuhan khusus - krisis keuangan atau masalah kesehatan yang perlu diatasi. Situasi-situasi seperti itulah yang benar-benar menciptakan ikatan di antara kelompok mastermind. Manfaatkanlah peluang ini untuk membantu dengan cara apa pun untuk memecahkan persoalannya. Kalau timbul situasi mendesak, anda selalu dapat mengadakan pertemuan mendadak untuk menanganinya dengan segera.

Wassalam.

23 Mei 2009

Kita bisa mengadakan acara sekelas Festival Jajanan Bango


Pukul 14:00 hari Sabtu tanggal 23-Mei-2009 mobil dipanasin, semua sudah siap dan langsung menuju ke Festival Jajanan Bango di Senayan. Di hari itu dibela-belain gak masak cuma pengin makan makanan khas daerah...... Perjalanan lancar aman sentosa sampai di senayan.

Parkir sudah dapat dan.... bayar lagi Rp. 5.000 didalam "gile mahal bener..." biasanya sih free, tapi ya udahlah yang penting bisa makan.


Hunting makanan dimulai...... satu persatu dilihatin. Semua makanan kelihatannya enak-enak. Capek juga lihat-lihat. Diputuskan akhirnya stand pertama adalah Rujak Cingur Suroboyo dan istri saya beli es dawet dan es cream Ragusa buat Galih. Antri panjang.... dan ada yang unik dari rujak cingur ini yaitu cobek-nya yang raksasa dan kelihatannya terbuat dari batu utuh.... dan yang surprise lagi adalah soal harganya yang mantap..... yaitu Rp. 25.000,-/porsi kecil. "...edan, gara-gara pengin rujak cingur keluar 25.000 padahal di Surabaya dengan harga segitu bisa dapat 2 porsi besar"
Nyoba juga rujak buah gratis dari stan kecap Bango tapi ternyata rasanya... maaf ya biasa aja gak ada yang aneh. Beberapa buah di-iris lalu ada sambel kecap..... biasa not spectacular...

Jalan lagi sambil beli Nutrisari dan teh kotak. Keliling-keliling aja sambil bingung mau beli apa soalnya semua memang menarik untuk disantap. Dari duduk terus jalan lagi.... duduk lagi jalan lagi.... ya begitu aja.... soalnya bingung banget.

Dari beberapa stand yang ada, ada yang ramai dan ada yang sepi/kurang pengunjung.
Ada ciri khas dari stand yang rame yaitu pasti unik dan beda. Biasanya soal proses pembuatan yang diliatin atau karena sudah punya nama dan punya beberapa testimoni dari konsumen artis seperti Ayam Bakar Mas Mono yang panjang antriannya.

Kalau stand yang sepi ini disebabkan karena soal display dan kemasan produk, seperti jualan sea food dengan cara yang biasa dilakukan sewaktu jualan sehari-hari, tata letak makanan yang tidak menarik, kemasan makanan biasa.


Ada salah satu stand yang membuat saya tertarik yaitu stand jualan tahu petis. Yang antri panjang banget, proses pembuatan diliatin dan saya terus terang penasaran banget. Sempat beberapa kali di lewatin tapi akhirnya.... "ya udah antri aja, penasaran...."
eehhh... pas giliran antri dibilangin "....tahu-nya sudah habis dan sedang di ambil lagi... " luar biasa...... orang jualan tahu aja sampai bisa bikin pembeli-nya antri....


Di lokasi strategis saya lihat ada stand khusus Kecap Bango. Di jelasin disini mulai dari cara pemilihan kedelai hitam, proses sampai akhirnya jadi kecap. Menurut saya ini promosi yang tepat untuk lebih mengenalkan produk kecap Bango ke konsumen. Untuk bisa masuk ke dalam ada syarat-nya yaitu harus membeli produk kecap Bango dan baru boleh masuk.


Sebetulnya di FJB ini makanan-nya enak-enak cuma yang jadi masalah buat saya itu adalah harganya yang mahal dan porsinya sedikit. Kalau soal harga mungkin sama dengan yang di pasaran cuma porsinya dikurangi. Saya pernah beli nasi goreng kambing Kebon Sirih "seperti foto di atas...". Nasinya enak banget dan kalau beli di sana dapat porsi yang bisa membuat kenyang cuma sewaktu saya beli di sini porsinya sediiikit banget dan harganya mahal Rp. 19.000,-...... cape dech

Saya biasanya kalau melihat situasi seperti itu pasti selalu muncul ide dan selalu merangkai mimpi. Waktu itu saya bermimpi untuk bisa mengadakan acara TDA Bekasi di GOR Bekasi dengan gratis.... di acara FJB ini saya sudah menemukan bentuk yang tepat untuk acara TDA yang bisa diadakan di GOR Bekasi. Acaranya bisa dibuat mirip seperti ini.

Dalam bayangan saya.... stand-stand yang ada itu semua adalah stand dari member TDA dan juga dari partisipan luar. Dipasang beberapa hot spot buat foto kenang-kenangan bahwa sudah pernah ke situ.
Ada sebuah tempat yang bisa dijadikan sebagai markas TDA untuk mengenalkan TDA Bekasi dan TDA secara keseluruhan. Kalau dalam acara FJB ini disebut Kampung Bango dan di TDA nanti bisa diberi nama yang unik misal Sumber Bisnis TDA, Pusat Wirausaha TDA, Tempat cuci otak TDA atau yang lainnya.


Biar acaranya ramai dan meriah, maka perlu dibuat panggung pentas musik dan musiknya itu nonstop dari mulai buka sampai tutup. Kalau di FJB ini, panggung tersebar di beberapa titik karena memang lokasinya yang luas. Nah.... kalau urusan main band ini saya yang paling seneng, minimal saya bisa ikutan main biar cepet-cepet menghabiskan 10.000 jam terbang.

Saya yakin TDA Bekasi bisa membuat acara meriah seperti ini. Dari hasil pembicaraan dengan Radio Gaya 93.6FM, mereka bersedia support dan siap membawa sponsor-nya untuk memeriahkan acara pasar TDA yang di agendakan sesuai dengan schedule Raker TDA Bekasi.
Kalau kita bisa mengajak kerjasama dengan beberapa instansi dan mereka bisa mengerahkan sponsornya untuk memeriahkan acara kita, maka tugas kita tinggal mematengkan program dan mencari Event Organizer "EO" yang berpengalaman mengadakan acara seperti ini. Atau kalau mau gampang-gampangan, kita kontak aja ke Bangomania yang ada lalu kita tanya siapa EO yang ngadain lalu kita ajak kerjasama untuk mengadakan acara semacam ini. Kita nggak perlu ngurusin acara ini secara langsung biar diserahkan saja sama ahlinya.

Satu lagi yang bisa membuat ramai acara yaitu harus di datangkan public figure yang terkenal. Di acara ini, anak istri saya foto sama artis terkenal.... ramai sekali stand-nya dan penjualan ada juga di stand tersebut...... coba tebak siapa nama artisnya....?????

Sekali lagi saya yakin TDA Bekasi bisa membuat acara yang heboh.... yang bisa mendatangkan keuntungan materi dan bisa mengajak masyarakat luas agar bisa berpola pikir sebagai enterpreneur yang bisa menebar rahmat.

22 Mei 2009

TDA Bekasi Talk Show di Radio 93.6 GAYA FM

Hari Jum’at 22-Mei-2009 pukul 14:00 WIB hujan turun gede banget…. “gile.. tau gini aku tadi bawa mobil…” untung bawa mantel jadi masih mending nggak kehujanan semua. Buru-buru juga soalnya sudah mau telat janjian sama mbak Susi dari Radio Gaya FM Bekasi.


Sewaktu mau belok kiri, motor udah saya nyalain lampu sein, eh tiba-tiba ada pengendara motor mau nyalip sebelah kiri dan…. Braakk… pengendara motor itu jatuh dan kepalanya kena aspal duluan. "...aduh apa lagi ini", batinku. Saya lihat dan …”oh ibu2 jatuh..!!!”. Motor saya pinggirin lalu saya bantu minggirin motornya ibu itu. Nggak ada kejadian apa-apa sih dan ibu itu juga nggak apa-apa karena pakai helm. Motor ibu itu mati dan di start bolak-balik masih aja nggak bisa. Beberapa orang bantuin dan akhirnya motor bisa hidup dan semua urusan selesai.

Saya minta maaf biarpun saya nggak merasa bersalah karena saya sudah nyalain lampu sein dan sudah mau belok kiri sedangkan ibu itu nyalip dari sebelah kiri…. Ya sudah ini buat pelajaran ke depannya aja biar hati-hati.


Singkat cerita saya sampai juga di Radio Gaya FM. Sebetulnya mas Eko June mau ikutan tapi karena ada halangan jadinya saya berangkat sendiri.

Ketemu dengan mbak Susi, kebiasaan standar aja, perkenalkan diri dan tukeran kartu nama….. Nah untuk kartu nama ini mau nggak mau kartu nama usaha saya "PRADANA KOMPUTER" yang saya kasihkan karena belum ada kartu nama TDA. “ini keuntungan atau kerugian ya buat saya…..???”


Saya ceritakan soal TDA pusat dan TDA Bekasi. Mbak Susi ini juga pernah datang ke Festival Enterpreneur di BPPT tahun ini jadi beliau sudah kenal apa itu TDA.

Ada kegiatan di Radio Gaya yang sesuai dengan misi TDA Bekasi yaitu diadakannya sebuah pasar. Di Radio Gaya sering juga ngadain semacam bazaar di suatu lingkungan pada bulan-bulan tertentu. Hal ini sesuai dengan hasil Raker TDA Bekasi yang ingin membuat pasar TDA. Radio Gaya sangat antusias sekali untuk bisa mewujudkan ini bersama-sama dengan TDA Bekasi.


Radio Gaya juga mempunyai komunitas yang membernya sudah banyak sekali. Sebagai informasi, Radio Gaya ini termasuk salah satu radio yang sudah mempunyai ijin untuk siaran nasional. Setelah saya sampaikan ide dari TDA Bekasi yang ingin membentuk entrepreneur melalui sebuah wadah yang bernama Mastermind, maka Radio Gaya sangat tertarik........ dan sewaktu saya meminta slot kosong untuk Talk Show dari TDA Bekasi, maka mereka dengan senang hati mengatur waktunya dengan saya. Saya sudah sepakat soal jam dan harinya dan sekarang semua tergantung dari kesiapan TDA Bekasi….. “saya yakin sudah siap karena hal ini cuma masalah pengaturan schedule”. Kenapa saya yakin akan hal ini.... karena sudah saya sampaikan ke beberapa Management TDA Bekasi yang kebetulan juga anggota Property Club pada waktu acara Property Club di tempat Pak Abdul Koni


Soal kerjasama dengan Radio Gaya semua sudah oke tinggal masalah administrasi. Planning ke depan adalah mengontak beberapa Radio di Bekasi untuk diajak kerjasama seperti ini dan kerjasama dengan beberapa media seperti radio, koran, majalah, televisi dan komunitas.


Seperti biasa yang saya lakukan dalam penjualan, saya menggunakan jurus dari Tung Desem Waringin yaitu Sales Magic. Ada salah satu cara yang saya lakukan yaitu men-cantolkan nama saya dengan beberapa nama yang terkenal. Dalam hal ini saya kaitkan nama saya pribadi dan TDA Bekasi dengan nama Tung Desem Waringin “…pengisi acara di Radio Gaya dan pembicara di Festival Enterpreneur TDA”, Purdi E Chandra, Bob Sadino, Wahyu Zaidi “… pak wahyu dulu juga ngisi acara di Radio Gaya cuma sekarang sudah tidak lagi”, dan beberapa nama yang terkenal.


Selain itu dari segi geografis juga saya kaitkan. Mbak Susi dari Jogja dan saya dari Surabaya, saya tinggal bilang aja “…Jogja itu kota yang selalu membuat saya ingin kembali terus mbak…”.


Dari sisi materi acara di Radio Gaya yang bernama Planet Koes Plus pada hari Jum’at pukul 22:00 sampai 24:00, saya bilang, “… mbak kemaren waktu saya main band, yang pertama kali saya nyanyikan adalah dari Koes Plus lagu Angin Laut…”.

“oh lagu itu pak…. Emang enak soalnya musiknya itu bisa membuat orang langsung goyang..”, kata mbak Susi.

"Pak Rawi juga seneng nge-band ya...?? biasanya pegang apa pak..?"

"Bagian nggebukin mbak..... Drum", kata saya

“...dan bukan cuma lagu itu aja mbak, saya mainin juga lagu D’Lloyd judulnya Lorong yang Gelap… tau kan mbak lagunya,”

“Tau pak.. dan lagu-lagu seperti ini memang cocok dengan target market kita,” kata mbak Susi.


Artinya apa....., saya sudah banyak melakukan banyak promosi biarpun cuma lewat obrolan dan sekali penyampaian sudah ada beberapa rencana yang bisa dikerjakan bersama-sama.


Apapun caranya yang penting tujuan untuk mendapatkan slot Talk Show TDA Bekasi tercapai dan kerjasama antara RADIO GAYA dengan TDA Bekasi bisa saling menguntungkan.